Fenomena bisnis dan kewirausahaan saat ini menjadi topik hangat yang ada dimana-mana. Mulai media TV, cetak, internet semua menulis tentang bagaimana membuka usaha, memulai bisnis sampingan hingga informasi terkait peluang-peluang bisnis. Partai politik dan calon walikota dan gubernur pun kini ikut membawa isu kewirausahaan dan UKM dalam kampanyenya ini. Suatu hal yang mungkin kita jarang temui 5 tahun yang lalu. Hal ini sangatlah baik, apalagi melihat jumlah pengusaha ini masih jauh dibandingkan negara-negara lain. Konon kabarnya, jumlah wirausahawan di negara maju rata-rata 4% dari jumlah penduduknya. Sedangkan Indonesia, saat ini jumlah wirausahawan sekitar 1,56% saja.

Tentu kita tidak perlu memperdebatkan masalah data-data tersebut, tetapi aktual dilapangan jelas saat ini banyak ditemukan

BISNIS ONLINE DIMANA-MANA

HANYA DENGAN BERMODAL SKILL MENGGUNAKAN KOMPUTER DAN INTERNET ADA RIBUAN BISNIS BARU YANG BISA DIBUAT.

 

pengusaha-pengusaha baru. Mulai dari yang menjadi reseller atau agen produk, mulai memproduksi kue-kue yang sebelumnya hanya menjadi hobi, atau mulai merintis bisnis jasa konsultan dari ilmu yang pernah dipelajari atau dikuasai dalam pekerjaan rutin hariannya.

Internet Mendorong Orang Menjadi Pengusaha

Salah satu catatan penting di Indonesia adalah pertumbuhan pasar komputer dan smart phone sangat luar biasa. Tidak kalah hebatnya tarif internet turun drastis. Sekitar 10 tahun yang lalu penulis harus membayar biaya akses internet Rp.5000 –10.000 / jam, hari ini penulis dapat mengakses sendiri di rumah 24 jam hanya cukup membayar Rp.2000 saja per harinya!

Harga komputer yang terjangkau, akses internet murah, jelas perpaduan sempurna untuk membuka kesempatan kita membuka bisnis dengan modal sangat murah. Kesempatan ini tentu tidak disiasiakan bagi yang kreatif. Hanya dengan bermodal skill menggunakan komputer dan internet ada ribuan bisnis baru yang bisa dibuat. Di internet sendiri menyediakan banyak fasilitas gratis. Mulai dari sarana komunikasi berupa email maupun chatting, membuat web instan gratis seperti blogspot dan wordpress, dan tentu ilmunya juga bertebaran bisa dicari melalui google maupun yahoo.

Coba bandingkan dengan kalau kita harus mulai bisnis dengan membuka ruko. Atau misal membuka kios saja, berapa biaya awal yang harus kita keluarkan. Mulai bisnis di internet, bisa dibilang hanya bermodalkan waktu, kemauan, dan sedikit keahlianmenggunakan komputer.Kita juga tidak perlu repot untuk mengetuk pintu tiap rumah untuk menawarkan produk kita, karena kita bisa saja menggunakan email untuk mengirimkan penawaran kepada calon konsumen kita. Kalau calon konsumen tertarik mengetahui informasi lebih lengkap tentang produk dapat kita berikan alamat website / blog kita, layaknya kita memiliki toko sesungguhnya.

Perkembangan Bisnis Online

Hari ini lebih perkembangan internet semakin luar biasa. Adanya social media yang memungkinkan interaksi komunal di dunia maya memungkinkan kita mendapatkan informasi terbaru dari seluruh nusantara, bahkan dari seluruh dunia. Ya, setiap dari kita melayangkan berbagai informasi terbaru melalui pesan singkat atau status, foto, video, presentasi yang semuanya secara langsung bisa diakses secara instant.

Penggunaan smart phone seperti blackberry maupun iphone, membuat kita hampir 24 jam terhubung dengan internet. Bahkan kini handphone murah seharga Rp.200.000 juga dilengkapi akses internet dan mampu terhubung dengan social media populer seperti facebook maupun youtube. Saat ini bisa dibilang internet sudah menjadi mall atau pusat pembelanjaan terbesar di dunia. Dan jutaan orang berseliweran kesana kemari, dan jelas peluang pasarnya bisa dibilang tanpa batas ruang dan waktu. Tidak ada batas negara dan terbuka akses 24 jam non stop.

Segera Atau Terlambat

Hari ini jutaan, atau mungkin puluhan juta pengusaha baru telah memanfaatkan internet. Dan tiap hari akan terus bertambah. Kesempatan terbaik membuka bisnis di internet mungkin 5 tahun yang lalu, dan kesempatan terbaik kedua adalah hari ini.

Jika saat ini bapak-ibu sekalian telah membuka email, menawarkan melalui web site, berbagi info produk melalui status facebook, atau memasang profil picture produk / jasa bapak ibu di blackberry, maka selamat datang di bisnis online. Andalah pengusaha online. Andalah salah satu dari puluhan juta, bahkan ratusan pengusaha online yang ada di intenet.

Annas ahmad

home

Mentor bisnis internet dan pelaku bisnis internet,saat ini mengelola lebih dari 28 bisnis online yang bergerak di bidang kesehatan dan obat tradisional (herbal)untuk pasar Indonesia dan export

Media Pebisnis Online Profesional dan Syar’i

Majalah Bursa Muslim Juli 2012