INVESTASI PRODUKTIF

Minggu pagi ini seperti biasa saya membaca kolom investasi di harian umum Kompas, Praktisi keuangan Elvyn G menyatakan dengan huruf besar  “Ketika Bunga deposito “Berguguran”” , situasi perbankan dengan kesepakatan beramai-ramai menurunkan suku bunganya hingga kisaran 8% cukup menarik perhatian saya kali ini.

Berita ini seakan kontradiksi dengan kondisi keuangan THE CHAPTER, dimana minggu ini baru saja memberikan bonus investasi pada investor dengan nilai setara 30 % untuk jangka waktu 2 bulan saja !

Dengan kondisi normal, kegiatan THE CHAPTER memang tidak membutuhkan tambahan modal kerja, namun kondisi ini sedikit berbeda jika mendapatkan klien dari Departemen, Pembayaran di akhir project membuat kami “menahan napas” agak panjang sebelum akhirnya menerima pembayaran.

Tahun 2009 ini  THE CHAPTER  menyikapi kondisi resesi  ekonomi dengan  menargetkan pendapatan dari klien di departemen menjadi tujuan utama, yang Alhamdulillah terealisir dengan baik.  Namun masalah  likuiditas yang membuat kami akhirnya kembali mengundang investor.

Tahun kerja 2008, kami menyediakan “1 paket investasi”  untuk digunakan oleh investor yang tertarik. Pada saat itu, ada satu orang teman yang tertarik berinvestasi dan alhamdulillah projeknya berjalan dengan baik serta pengembalian investasi dan bonus investasi terpenuhi dengan konversi rate 15 % untuk jangka waktu investasi 4 bulan.

Tahun 2009 ini kami  menyediakan 6 paket investasi sesuai dengan jumlah SPK “surat perintah kerja” yang kami dapatkan, Alhamdulillah 4 paket telah kami dapatkan investornya, dan projeknya telah terlaksana dengan baik dan bonus investasi terbayarkan dengan nilai setara 30 % investasi hanya untuk jangka waktu 2 bulan saja!

Kami menggunakan perhitungan yang “syariah” dimana bonus investasi didapatkan dari besarnya margin/profit setelah dikurangi biaya-biaya dan  zakat. Sehingga bonus investasi akan berbeda dari setiap projek tergantung dari cost yang terjadi.

Kondisi projek departemen yang relatif stabil tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro dan mikro selalu memberikan margin yang stabil juga pada THE CHAPTER, tingkat resiko projek tidak dibayar oleh departemen adalah hampir nol persen, pembayaran setelah projek selesai merupakan kendala utama di projek dengan departemen, lama penyelesaian administrasi projek yang kurang jelas juga merupakan kendala, namun rata-rata 2-4 bulan penyelesaian administrasi bisa diselesaikan di rentang waktu ini.

Ditengah kondisi ekonomi yang tidak menentu ini, diperlukan kearifan untuk menyimpan aset likuid kita pada instrumen ekonomi yang tepat, menyimpan di bank dalam bentuk deposito nampaknya bukan pilihan menarik untuk saat ini, namun menanamkan  uang kita di bisnis produktif adalah pilihan berisiko sekaligus kesempatan bagus untuk mendapatkan margin yang signifikan.

Perlu “jam terbang” yang cukup untuk menilai paket investasi baik dan benar di saat sekarang ini, sikap waspada dan hati-hati merupakan modal utama untuk menentukan investasi kita. Saat ini lebih banyak investasi yang bernilai “bodong” dibandingkan “real investasi bisnis”.

Sudah saatnya aset likuid masyarakat tidak  sepenuhnya ditanam dalam deposito yang idle, dan penempatan dana kita di insvestasi yang lebih produktif akan memberikan dampak pergerakan ekonomi yang positif sekaligus  merupakan potensi sumber pendapatan yang berkelanjutan.

Terimakasih

Irwan The Chapter

irwan.com@gmail.com