Raker MM Jaksel - Puncak Jawa Barat

Raker MM Jaksel - Puncak Jawa Barat

Luar biasa….Rapat Kerja Mastermind Jaksel yang pertama kali diadakan langsung mengambil tempat di puncak, 14-15 Maret 2009, sekitar hampir 3.5 km dari jalan utama, mengindikasikan betapa seriusnya member MM Jaksel untuk menyusun target-target bisnisnya Diikuti lebih dari 30 orang member aktif (dari total 70 orang lebih member di milis MM Jaksel).

Bayangkan, perkembangan yang bagai bola es menggelinding makin besar dan makin besar sampai-sampai membuat heran ketua MM Jaksel, Pak Tjarli Suhendra, hanya terjadi dalam waktu yang realtif singkat kurang dari 3 bulan saja. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil mengenai perkembangan yang begitu dahsyat ini yang insya Allah akan kami share kepada MM yang lain, bagaimana membuat MM Anda bisa tetap energize terus  membawa manfaat untuk membernya. Di MM Jaksel mulai ada atmosfer, kalau gak ikutan MM saya bakalan rugi……

P Tjarli in Action

P Tjarli in Action

Setibanya di Villa hari Sabtu malam 14 Maret 2009, langsung diadakan rapat internal untuk mendiskusikan rule of the game dari member MM Jaksel mengingat jumlah anggota yang terdaftar sudah melebihi 70 orang. System regulasi yang merangsang setiap member untuk terus aktif dan komit di MM Jaksel telah berhasil disepakati dan menjadi acuan standard dalam mengelola MM Jaksel. Rancangan program kerja setahun juga sudah tersusun termasuk mengadakan workshop-workshop yang sifatnya “daging” yang semuanya berdasarkan “kebutuhan member” dan menganut prinsip “Learn From The Best“. Rapat malam ini berakhir pukul 1.30 WIB pagi dan diakhiri dengan foto-foto karena lokasi villa yang sangat tinggi sehingga pemandangan malam menjadi sangat indah dengan lampu yang kerlap-kerlip di kejauhan.

Tamu istimewa dari TDA Pusat & TDA Cipasera

Tamu istimewa dari TDA Pusat & TDA Cipasera

Member Serius Mengisi Workbook Untuk Masa Depan Bisnisnya... Betul-betul Memebri Benefit Bagi Member

Member Serius Mengisi Workbook Untuk Masa Depan Bisnisnya... Betul-betul Memebri Benefit Bagi Member

Hari Minggu pagi 15 Maret 2009, diawali dengan pemutaran film The Secret yang diperuntukkan bagi member yang belum pernah menonton film tersebut untuk memberikan “chicken soup” di pagi hari yang segar bagi member MM Jaksel. Tepat pukul 09.00 WIB, raker dibuka oleh P Tjarli Suhendra, ketua MM Jaksel, dan langsung membahas mengenai rencana kegiatan selama setahun ke depan. Pertemuan Reguler MM Jaksel, Forum Bulanan, Acara 3 bulanan semuanya dijelaskan secara detail oleh P Tjarli Suhendra kepada seluruh member yang hadir.

Di tengah-tengah rapat, kami kedatangan tamu undangan istimewa dari TDA pusat yang dipimpin P Hertanto (Direktur I)  yang membawahi Mastermind,  P Ichsan Sabri dan P Hikmanul Hakiem (Cipasera 1).  P Hertanto langsung menjelaskan tentang kebijakan2 yang akan diberlakukan untuk Mastermind ke depan yang tentu saja akan segera diadopsi oleh MM Jaksel tentunya secara gradual agar bisa berjalan secara mulus. Satu hal yang sangat menarik adalah pembagian level bagi member MM yang akan dikategorisasi berdasarkan omzet usahanya, serta adanya mentor lintas MM untuk meberi mentoring bagi MM yang berada di level di bawahnya.

Acara berikutnya adalah penjelasan tentang Workbook yang menjadi pegangan bagi  setiap member MM Jaksel dijelaskan oleh p Tjarli. HOW TO mengisi tabel & kolom yang ada agar setiap member mempuyai objective yang jelas akan bisnisnya dalam setahun ini mau dibawa ke mana dan menjadi sebesar apa.

Mulai dari General Description dari MM Jaksel, jenis kegiatan, tata cara penerimaan anggota baru, nilai-nilai MM Jaksel, exploring belief, dreams sampai ke level VAKOG, Tabel Indikator Bisnis (adopsi dari Balanca Scorecard), system business review, tips & trik perubahan dari TDB menjadi TDA, Jadwal kegiatan MM Jaksel selama setahun penuh di 2009, jadwal annual meeting  dll dll. Semua terangkum dalam satu buku yang kami sebut MASTERMIND JAKSEL WORKBOOK.

Cover Workbook MM Jaksel

Cover Workbook MM Jaksel

Selama acara berlangsung, member sudah mulai sibuk mengisi Workbook yang sudah ada di tangan mereka untuk memberi arahan tentang bisnis masing-masing ke depan. Semua sangat intens dan serius dalam mengisi workbook. Seluruh member diberi waktu 2 minggu untuk mengisi workbook tersebut selengkap2nya untuk brainstorming process dalam kelompok kecil mastermind masing-masing. Hasilnya adalah : satu buku pegangan semacam business plan sebagai pegangan para Business Owner dalam menjalankan bisnisnya selama waktu tersisisa di tahun 2009 sekaligus mekanisme review setiap triwulan oleh kelompok kecil mastermind.

Intinya, bagi kami di MM Jaksel, membuka bisnis butuh keberanian. Namun mengurus bisnis butuh skill manajemen yang kami jawab melalui kehadiran Mastermind Jaksel Workbook.

Salam FUUUNtastic..!!

Sonny B Sofjan
www.sonnysofjan.com