seo_fun

Seperti yang telah disepakati bersama di pertemuan Mastermind TDA Jaksel sebelumnya, siang hari itu tanggal 13 Desember 2008 di tempat Pak Sonny diselenggarakan acara Mastermind TDA Jaksel Sharing Knowledge yang dibawakan oleh Pak Tikak Sumajaya, yang biasa dipanggil Pak Jaya, dengan materi “S.E.O. itu Mudah dan Menyenangkan”.

Hadir saat itu Bu Salma, Mbak Hanni, Pak Idham, Pak Andi Sasongko, Pak Sonny & Bu Lyra (isteri), Pak Irwan, Pak Ridwan, Pak Andy Rachmat, Pak Asep Gunawan, Bu Sri Khurniatun dan saya sendiri.

Pak Jaya membahas mengenai pentingnya :

•    pemilihan domain yang tepat,
•    pemilihan hosting yang handal,
•    pemilihan keyword yang jitu dan tidak berlebihan,
•    bagaimana melihat source code,
•    memodifikasi website,
•    mengisi website dengan content yang tepat dan
•    bagaimana mencari backlink yang berkualitas.

Setelah itu Pak Jaya  menjelaskan bagaimana optimalisasi blog wordpress.
Dalam sharing knowledge tersebut juga dibahas materi yang pernah disampaikan Mas Keke (SEOkita.com) bahwa wordpress yang di “SEO” kan tingkat keberhasilannya adalah 90%. Dengan beberapa pertimbangan lainnya, akhirnya peserta memutuskan untuk mencoba wordpress, dengan kata lain akan mengkonversi blognya dari blogger ke wordpress.

Demikian juga dengan blog mmtdajaksel. blogspot.com pada kesempatan itu diperagakan oleh Pak Jaya bagaimana mengimport blogger ke wordpress mastermindjaksel.com.

Nantinya secara perlahan, blogger akan ditinggalkan, dan mulai menghidupkan wordpress dengan domain yang baru dan hosting yang handal pilihan Pak Jaya. Dengan demikian maka blog mastermind TDA Jaksel telah “Reborn” menjadi blog wordpress.

Selain itu kami masing-masing punya target untuk menyelesaikan konversinya selama 1 bulan. Pada kesempatan hari itu, obrolan lain pun mengakrabkan silaturahim kami. Bahkan saya sendiri bersama Pak Jaya, Pak Andi Sasongko beserta tuan rumah Pak Sonny membicarakan banyak hal hingga tak terasa adzan maghrib pun menghentikan obrolan kami. Seusai shalat berjamaah di mesjid, beberapa menit menjelang pulang, masih saja obrolan kami sulit diputus. Alhamdulillah hari itu kami mendapatkan banyak ilmu dari Pak Jaya. Semoga menjadi amal jariah. Amin.

Tjarli Pixethic