Usai sudah Rakernas  Komunitas Tangan diAtas yang berlangsung di Hotel Puri Indah Inn Kali urang, Yogyakarta. Walaupun saya datang terlambat karena Rakernas bertepatan dengan weekend sehingga tidak kebagian tiket kereta ataupun pesawat karena tidak menyiapkan tiket jauh-jauh hari, sehingga saya sebagai wakil dari TDA Jaksel yang mewakili Pak Be-Samyono ketua TDA Jaksel yang berhalangan hadir.

Akhirnyapun saya menggunakan Travel dari Jakarta dijemput pukul 5 sore tetapi baru keluar Jakarta sekitar pukul 10 malam, karena travel harus menjemput setiap penumpang disekitar Jakarta dan Bekasi ditambah macetnya Jakarta kalau Jumat sore bubaran Orang Kantoran. Wah apes ini pasti sampai Yogyakarta terlambat, namun keterlambatan ini ternyata ada hikmahnya, saya masuk wates yogyakarta sekitar pukul 10 pagi dan harus mengantar salah satu penumpang travel yang keluarga keraton jadi terpaksa masuk ke keraton Yogyakarta dulu lumayan sekalian wisata dan muter-muter kota yogya yang semakin berkembang dan macet, semalam waktu diperjalanan pun ngobrol ngalor ngidul sesama penumpang, dan ditawari kapan-kapan kalau ke Yogya lagi mampir mas hendra. Nggih,, saya mengiyakan. Saya adalah penumpang terakhir yang diantar karena Tujuan saya adalah kaliurang Atas, dan Jam 2 siang saya sampai ke Hotel Puri Indah Inn dengan latar belakang Bukit Plawangan dan Gunung Merapi saya disambut oleh mas budi selaku panitia dari TDA solo. Mas Budi ini adalah anggota TDA solo yang dikenalkan oleh Pak Sony Sofyan owner Pillar Accelarator  sesepuh TDA Jaksel saat ada acara UKM di SMESCO CENTER.

Rakernas ini dihadiri oleh Rombongan sedulurs TDA dari 25 Wilayah. Wilayah  tersebut akan menghadiri Rakernas Komunitas TDA di Kaliurang yang berlangsung pada tanggal 28-29 April 2012 di Kaliurang, Yogyakarta.Dihadiri juga oleh Founder TDA Rony Yuzirman beserta MWA dan BOD komunitas Tangan diatas.

Sedulurs TDA yang ikut dalam rombongan tersebut antara lain mas bro : Mohamad Rosihan (Presiden TDA), Teguh Wibawanto (Vice Presiden), Ery Priambodo, Didi Diarsa dan Pak Faif ( Knowledge Center), Hertanto Widodo, Abdul Rahman Hantiar, Agus Ali, Ananto Pratikno, Faif Yusuf, Try Atmojo, dll.

Suasana silaturahim Rakernas TDA pastinya 3G (Guyub, Gayeng, Guyon), suasana khas yang selalu mewarnai silaturahim di antara anggota Komunitas TDA. Ini terlihat ketika pemaparan kinerja masing-masing wilayah saat akan memaparkan masing-masing wilayah melakukan stand up comedy dan guyonan mas Satriyo  (Cariknya TDA Solo) dan Hafiz  dengan salam super khas Mario Teguh dari TDA Medan, untuk menyegarkan suasana karena rakernas dihari pertama sampai pukul 23.00 baru diakhiri itupun masih ada 5 wilayah tersisa yang belum memaparkan kinerja wilayahnya seperti Mataram, Kediri, dll.

Berikut hasil Rakernas yang berhasil saya rangkum, kurang lebihnya bisa dikonfirmasikan ke Panitia Rakernas ataupun Ke TDA Pusat.

  1. Standarisasi kepengurusan Wilayah TDA, struktur  organisasi.
  2. Semua bentuk kerjasama dengan pihak luar dalam hal ini wilayah harus sepengetahuan TDA Pusat. Ada beberapa TDA wilayah yang berkerja sama dengan Pihak Bank seperti TDA Bali, TDA Mataram, sebaiknya untuk dihindari kecuali sponsorship acara kegiatan TDA wilayah yang tidak mengikat.
  3. Branding TDA wilayah dengan bekerjasama dengan Media Lokal baik Media cetak & Media eletronik, dan Internet.Networking dan PR  dari TDA Wilayah ke instansi atau corporate di wilayah masing-masing.
  4. Membentuk Capacity Building wilayah yang lebih solid  dengan mengoptimalkan KMM, KMB, serta bentuk edukasi internal, FGD dll.
  5. Memperkuat TDA Knowledge TDA Center bekerja sama dengan Rumah Perubahan (Rhenald Khasali) bekerjasama program CSR baik itu pelatihan atau seminar bagi mentor-mentor TDA wilayah baik mentor 1 dan 2.Juga berkerja sama dengan PUM belanda http://pum.nl
  6. Memperkuat Bisnis Link antara anggota TDA dengan akan dibentuknya Bussines Directory yaitu, mall.tangandiatas.com dan program Beli TDA. Untuk malltangan diatas hanya untuk anggota yang berkartu dan diverifikasi oleh TDA wilayah.
  7. Mereferensikan nama-nama angota TDA wilayah untuk EO di TDA center karena 2013 akan ada Pesta Wirausaha 2013 yang direncanakan di JHCC dengan 10 pangung 100 pembicara dan 10.000 peserta dan pengunjung untuk itu dukungan dari segenap wilayah.
  8. Pembentukan TDA wilayah baru, dimana wilayah-wilayah baru akan dibantu oleh wilayah lain yang terdekat dan memiliki kinerja program yang bagus seperti  Depok, Bekasi, Solo dan Surbaya agar terdapat keseragaman struktur Organisasi.seperti Mataram, kediri, lampung, pekan baru dll.

Rakernas TDA pun diakhiri sekitar pukul 15.30  tanggal 29 April 2012, diakhir acara ditutup oleh Pak Rony yuzirman sebagai founder dan sambutan dari ketua HIPMI Yogyakarta. Semoga setelah rakernas  hasilnya bisa disosialisasikan dan dilaksanakan disetiap wilayah TDA.saya Harus turun terlebih dahulu bersama Pak Wahyu Mie Grobakan dan Pak Fauzi TDA Depok karena harus mengejar Travel jam 16.30, jadi tidak ikut  sesi foto.

Berbagi, Berbisnis , Menebar rahmat

Akhirnya Mukernas TDA yang dihadiri 25 wilayah seluruh indonesia selesai juga, Perjuangan belum selesai sampai disini pemenang tak kan pernah berhenti dan yang berhenti tak kan pernah menang .